PERTAHANAN KEBIJAKAN INDIA: Responsif & Provokatif di Mandala Asia Selatan

 


 MONOGRAF

KEBIJAKAN  PERTAHANAN INDIA 

 Responsif & Provokatif di Mandala Asia Selatan

             Monograf ini menyajikan telaah tentang kebijakan pertahanan India dalam merespons dinamika lingkungan strategis di kawasan Asia Selatan selama periode tahun 2014–2017. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui studi kasus, data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis data sekunder yang utamanya dipublikasi oleh the International Institute for Strategic Studies (IISS) dan the Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI).

        Penulis menggunakan beberapa konsep, yakni defense policy, strategic environment, national interest, deterrence, balance of power, security dilemma, dan arms dynamic dengan tiga model yaitu action-reaction, domestic structure, dan technological imperative. Penulis berargumen bahwa seluruh negara, khususnya India, telah meningkatkan kapabilitas pertahanan/militer mereka dari segi kuantitas, seperti menambah jumlah personel dan melakukan pengadaan alat utama sistem persenjataan pada tiap matra (darat, laut, dan udara), termasuk pula pada hulu ledak nuklirnya sebagai wujud deterrence. India merupakan negara yang lebih bersifat responsif dan cenderung provokatif. Spiral aksi-reaksi lebih melibatkan India dan Pakistan.

        Dari segi jumlah persenjataan konvensional, India adalah yang paling kuat; tetapi, dari aspek kuantitas hulu ledak nuklir, relatif lebih sedikit dibanding kompetitor utamanya, Pakistan. Sikap responsif yang ditunjukkan oleh India didasari oleh persepsi ancaman, dilema keamanan, dan kepentingan nasionalnya, berupa faktor geografis, demografis, dan ekonomis. Kerja sama militer strategis yang dilakukan oleh India dengan berbagai negara, khususnya Amerika Serikat, merupakan reaksi atas hubungan Pakistan dan Tiongkok.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUNGA RAMPAI POTRET EKONOMI PROVINSI LAMPUNG: KAJIAN KONSEPTUAL DAN EMPIRIK

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Anak

MENEROPONG BERBAGAI ISU